Artikel Terbaru :

Ternyata Tidur Dalam Kegelapan Lebih Bermanfaat Untuk Kesehatan

Sabtu, 28 April 2012



Tidur dengan waktu cukup sangatlah penting. Penting juga di saat istirahat itu kualitas tidur terpenuhi. Artinya, tubuh dalam posisi tidur lelap. Tidur seperti inilah yang membawa keuntungan bagi kesehatan, terutama jika dalam kondisi tanpa banyak cahaya.

Tidur normal orang dewasa antara 6-8 jam per hari. Bisa jadi tidur ini berlangsung selama penuh semalaman atau ditambah tidur siang. Dan, kalau Anda tidak menyesuaikan tidur sesuai ritmenya, itu akan menghambat kerja beberapa hormon tubuh Anda.

Hormon melatonin, misalnya, akan terganggu fungsinya kalau kualitas tidur malam buruk. Hormon ini bertanggung jawab mengatur koordinasi sistem tubuh agar bekerja sama dengan baik. Jika fungsi ini terganggu, maka tubuh lebih mudah terkena penyakit.

Melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal yang hanya aktif saat situasi matahari terbenam atau gelap, dan dalam posisi tidur. Kala itu, pineal secara aktif mengeluarkan melatonin dan dilepaskan ke darah.

Setelah melatonin terdistribusi ke seluruh tubuh, dia bekerja keras untuk Anda. Mulai dari berkoordinasi dalam memperbaiki keseimbangan kimia, membangun kekebalan tubuh, mengatur kadar gula, dan sebagainya.

Semakin gelap situasi sekitar Anda saat tidur malam, maka jumlah melatonin juga akan optimal. Artinya, perbaikan di tubuh juga akan terlaksana dengan baik. Kondisi gelap gulita sangat bagus bagi pembentukan melatonin, apalagi ditambah tidur selama 6-8 jam. Anda akan lebih segar dan bugar.

[sangatuniksekali.blogspot.com]
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.