Artikel Terbaru :

10 Perusahaan Paling Dikagumi Dunia

Rabu, 25 April 2012

Majalah Fortune membuat 50 daftar perusahaan yang paling dikagumi. Daftar ini merupakan hasil survei yang diajukan kepada pengusaha di Amerika Serikat untuk memilih perusahaan mana yang mereka kagumi dari setiap industri.
Daftar itu memuat berbagai macam industri, seperti teknologi, makanan, maskapai, kimia, komputer, barang elektronik, energi, dan lain-lain. Dalam survei itu juga mengukur sejauh mana inovasi yang dilakukan oleh perusahaan.
Berikut daftar 10 perusahaan paling dikagumi :
1. Apple
Steve Jobs dan Apple iPad
Perusahaan ini menempati peringkat pertama pilihan pengusaha, dan nomor satu di industri komputer dengan skor 8,16. Apple menjadi perusahaan paling dikagumi karena kecepatannya dalam merilis produk teknologi.
Saham Apple sempat anjlok ketika Chief Executive Officer (CEO) Apple, Steve Jobs, mengumumkan pada Januari akan mengambil cuti medis kedua, atau dua tahun setelah ia menerima transplantasi hati dan cuti enam bulan. Namun Jobs meyakinkan pasar bahwa perusahaan akan berupaya keras untuk menghasilkan laba.
Keuntungan Apple hampir dua kali lipat pada laba kuartalan dibanding setahun lalu. Produk iPad 2 yang diperkenalkan Maret, menandai generasi kedua dari salah satu tonggak keberhasilan Apple. Dan Jobs membuat kejutan dengan tampil pada peluncuran tersebut. Kejutan yang lain yaitu Apple mengumumkan bahwa iPhone 4 akan tersedia di Verizon.
2. Google
Logo Google
Google menempati peringkat kedua dengan skor 8,22 dan menjadi urutan pertama di bidang pelayanan internet dan ritel. Google dianggap sukses mempertahankan julukan sebagai “Raja Mesin Pencari”. Perusahaan ini juga mulai fokus lebih dalam pada pengembangan perangkat gratis berbasis sistem open source.
Google juga mengembangkan perangkat berbasis sistem operasi Android dengan penjualan 10 juta perangkat tiap bulan dan akan terus meningkat. Perubahan besar kemungkinan akan terjadi ketika CEO Google, Eric Schmidt, yang memimpin pertumbuhan perusahaan dengan cepat sejak 2001 akan meninggalkan posisinya pada April. Situasi itu memungkinkan salah satu pendiri Google, Larry Page, untuk merebut kembali posisinya.
3. Berkshire Hathaway
Warren Buffett
Perusahaan ini menempati peringkat ketiga dengan skor 6,88. Namun, pada industri asuransi, perusahaan ini menempati peringkat pertama.
Berkshire Hathaway dikagumi karena CEO-nya, Warren Buffet sangat disegani terkait penilaiannya tentang saham dan upayanya dalam memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Keputusan terbaru yang diambil Buffet adalah ketika Berkshire Hathaway meningkatkan kepemilikannya pada Johnson & Johnson pada 2010 dari 28 juta saham menjadi 45 juta saham. Buffet biasanya membeli saham ketika harganya turun.
Investasi Berkshire paling dramatis pada 2010 adalah pembelian Burlington Northern Santa Fe senilai US$26 miliar, sehingga perusahaan mampu menghasilkan laba US$1 miliar. Aksi korporasi ini merupakan faktor terbesar pertumbuhan perusahaan sebesar 13 persen dari nilai buku pada 2010.
4. Southwest Airlines
Southwest Airlines
Perusahaan ini meraih peringkat empat dengan skor 6,17. Dalam industri penerbangan Southwest menempati urutan ketiga.
Perusahaan ini dikagumi karena mulai menawarkan penerbangan murah pada 1970, Southwest Airlines telah menjadi pemain yang performanya lebih konsisten dibanding perusahaan lain. Baru baru ini, maskapai ini telah menerima tekanan buruk terkait kenaikan harga bahan bakar. Namun, Southwest tetap menjadi salah satu perusahaan dunia yang paling dikagumi.
Southwest menghasilkan pendapatan yang kuat, dengan laba naik hingga 13 persen dibanding tahun sebelumnya. Akuisisi pesawat AirTran akan memperluas jangkauan pasar maskapai ini.
5. Procter & Gamble
Produk-produk Procter & Gamble
Perusahaan ini menempati peringkat kelima dengan skor 7,43, namun berada di peringkat pertama untuk industri sabun dan kosmetik.
Procter & Gamble dikagumi karena menjadi perusahaan terbesar yang produknya dikonsumsi masyarakat di dunia dengan penjualan tahunan mencapai US$79 miliar. P&G memiliki sejarah panjang, dan selama lima tahun selalu menempati peringkat pertama dalam survei untuk industri ini.
Dengan kenaikan harga komoditas, P&G akan menaikkan harga beberapa produk. Namun, produk lainnya seperti Tide, Crest, dan banyak produk rumah tangga mempunyai fondasi yang kuat terhadap volatilitas harga.
6. Coca Cola
Ponsel Nokia bertenaga Coca Cola
Perusahaan minuman ini menempati urutan ke-6 dengan skor 5,94. Namun, perusahaan ini berada di peringkat pertama untuk jenis industri minuman.
Perusahaan ini dikagumi karena ekspansinya ke China terus berkembang dan mendapat perhatian positif, terutama pada upaya pelestarian dengan konservasi air. Chief Executive Officer (CEO) Coca Cola, Muhtar Kent, dalam laporan keuangan terbaru mengatakan bahwa perusahaan memiliki pertumbuhan tinggi dengan melampaui semua target jangka panjang.
Coca Cola juga terus menjadi salah satu merek besar di dunia, bergabung dengan liga olah raga dengan perusahan raksasa seperti Nike dan GE.
7. Amazon
Amazon Kindle
Perusahaan dengan peringkat ketujuh ini memiliki skor 7,95. Namun, Amazon menempati peringkat kedua di industri layanan internet dan ritel.
Amazon dikagumi karena pada Desember mengumumkan bahwa produk 3G Kindle merupakan produk terlaris yang pernah ada. Tablet ini terus mendominasi pasar alat baca buku elektronik, meski ada kekhawatiran iPad Apple akan menimbulkan masalah. Namun, sekarang tampaknya banyak orang membeli keduanya untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.
Amazon juga berinvestasi dalam teknologi baru dan melanjutkan pertumbuhan. Amazon akan tersedia dalam platform Android.
8. FedEx
FedEx
Perusahaan ini menempati peringkat ke-8 dengan skor 6,98 dan dalam industri pengiriman menempati peringkat ke-2.
FedEx dikagumi karena mampu bangkit dari resesi dengan cepat. Raksasa pengiriman itu baru-baru ini harus melakukan proyeksi ulang labanya, karena kenaikan biaya bahan bakar akibat musim dingin.
Di sisi lain, dunia usaha tetap mengandalkan FedEx untuk jasa pengiriman tepat waktu dan layanan berkualitas tinggi. Pada Februari, perusahaan menyelesaikan akuisisi AFL Pvt.Ltd, yang diharapkan dapat memperkuat jaringan di India dan China.
9 Microsoft
Microsoft Windows 7
Perusahaan dengan peringkat ke-9 ini memiliki skor 6,66 dan menempati urutan ke-3 untuk industri perangkat lunak komputer.
Microsoft dikagumi karena dalam beberapa tahun terakhir meluncurkan produk baru yang kuat. Mesin pencari Bing merupakan alternatif baru, meski kurang populer dibanding Google.
Xbox Kinect telah sukses menembus pasar video game dengan sensor gerak di mana Nitendo Wii dan PlayStation menjadi pesaingnya. Sedangkan untuk Windows Phone 7, berdasarkan laporan awal, bersaing dengan Android, iPhone dan BlackBerry. Microsoft juga mengatakan telah menjual 300 juta lisensi untuk sistem operasi Windows 7.
10. McDonald’s
Mcdonald
Perusahaan makanan ini berada di peringkat ke-10 dengan skor 7,97 dan di industri makanan menempati peringkat pertama.
Apa yang dikagumi dari perusahaan makanan cepat saji ini? Item menu baru seperti salad dengan lemak rendah, oatmeal dan apple dippers di Amerika cukup disukai.
Selain itu, paket hematnya membantu konsumen pada saat adanya benturan resesi.
McDonald’s juga mengoperasikan berbagai program amal, termasuk penghargaan kepada guru dan kejuaraan basket. Sedangkan dari sisi finansial, perusahaan tidak ada masalah. McDonald’s mengumumkan bahwa penjualannya terus meningkat, meski secara keseluruhan turun dua persen secara year to date.
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.