Artikel Terbaru :

Beli Lukisan di Pasar Loak, Ternyata Salah Satu Karya Picaso

Minggu, 08 April 2012


OHIO - Rezeki memang sering kali datang dari arah tak diduga. Seperti dialami seorang pria pengangguran asal Ohio yang mendapat durian runtuh. Iseng-iseng ia membeli lukisan seharga USD 14,14 atau setara 126 ribu di sebuah pasar loak. Tak dsangka, lukisan itu adalah salah satu koleksi Picasso.

"Saya mulai gemetar sedikit," kata Zach Bodish, 46 tahun, setelah mengetahui fakta itu. "Saya menyadari ini tak akan membuat saya kaya, tapi tetap saja, seberapa sering sih Anda memiliki karya Picasso?"

Setelah dirumahkan oleh sebuah pusat seni dua tahun lalu, Bodish jadi pelanggan tetap toko Volunteers of America di Clintonville.

Dia mengunjungi toko itu sekitar tiga kali saban seminggu untuk mencari 'benda lucu' guna dijual kembali. Awalnya saat melihat poster di belakang setumpuk karya seni bulan lalu, ia tak bergitu tertarik. Namun ia melihat warna dan finishing-nya dan menanda ada perbedaan.

"Yang satu ini tampak lain karena poster-poster biasanya memiliki cetak mengkilap, tapi ini coklat," katanya.

Semula Bodish 'sekadar' menemukan tanda tak biasa dalam lukisan itu. Ia melihat sebuah coretan merah pada sudut lukisan, tempat yang sama dengan Picasso menandatangani namanya di gambar lainnya. Ia pun mulai berselancar di Internet mencari tahu.

Untuk meyakinkan, ia mendatangi ahli seni. Kepala Columbus Dispatch, seorang pengamat lukisan Picasso membenarkan karya itu milik sang maestro yang nilainya ditaksir sekitar USD 12 ribu.

"Ini seperti hujan berkah bagi saya," kata Todd Weyman, wakil presiden Swann Auction Galleries di New York, setelah menganalisis foto yang dibeli Bodish itu.
 




[sibukforever.blogspot.com]
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.