Artikel Terbaru :

12 Fakta Menarik Doraemon yang Jarang Diketahui

Kamis, 01 Maret 2012


Siapa sih yang nggak kenal Doraemon? Tokoh robot kucing yang lucu & menggemaskan ini memang sudah menjadi sebuah sosok "Lintas Generasi". Kamu bisa tanya sama Nenek, Ibu, Om, Tante, dll pasti semua segera tahu & tanggap kalau ditanya atau disuruh membahas soal tokoh anime/manga besutan duo Fujiko Fujio ini.

Nah... selama ini, sebagai seorang Doramaniac (istilah yang aneh, memang), admin kira selama ini admin sudah tahu hampir segala hal mengenai Doraemon, tapi ternyata tidak! Bagaimana dengan kalian? Yuk, kita sama-sama baca mengenai si robot kucing biru ini dengan beberapa fakta-fakta menarik mengenai Doraemon yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Apakah arti nama Doraemon?
Nama Doraemon sebenarnya diciptakan dari 2 patah kata: Dora & Emon, Dora adalah semacam plesetan dari "Nora" yang berasal dari "Nora-Neko" yakni stray cat, Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yang berjenis kelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon.

Secara harafiah, nama Doraemon bisa diartikan "Stray male cat" (kucing liar jantan)

Dora sebenarnya bisa juga berarti "gong" (inilah "dora" yang dipakai dalam nama kue dorayaki) Meski bukan itu "dora" yang dipakai di nama Doraemon, namun ini menjadi semacam plesetan, dimana tubuh Doraemon memang bundar-bundar seperti gong.

2. Apa kode produksi dari Doraemon?
Yup! Doraemon ternyata memiliki kode produksi, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot dan dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot dimana ia diproduksi. Nama ini pernah disebutkan dalam episode ulang tahun Doraemon tahun 2007.

3. Kapan Doraemon selesai diproduksi?
Pada tanggal 3 September 2112 adalah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi

4. Apa angka keberuntungan dari Doraemon?
Angka keberuntungan Doraemon adalah: 1293
Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) & tingginya 129,3 cm (4'3 "). Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketika ketakutan & melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm. lingkar kepalanya & lingkar da&ya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter 129,3 mm. Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.

5. Siapa mantan pacar Doraemon di abad 22?

Noramyako (disebelah doraemon) Ia disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubon volume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara-gara Doraemon dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus).

6. Apa warna asli Doraemon?

Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, ia dalam depresi, menyelinap ke atas menara, di mana ia minum ramuan berlabel kesedihan. Ketika ia menangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuan tsb.

7. Apakah Doraemon sekolah?

Yippi... Menurut serial spin-off dari Doraemon "The Doraemons", nama sekolah dari Doraemon sederhana saja, yaitu Robot School.

8. Siapa nama gurunya Nobita yang sering marahin nobita?

Tokoh Pak Guru yang sebenarnya juga sangat mencemaskan Nobita (tapi dasar Si Nobita males-malesan aja, jadi ya...) ini memang sebenarnya dari awal tidak mempunyai nama & hanya disebut Sensei aja. Namun, pada versi yang diputar di Nihon Television, ia diberi nama asli Ganari.

9. Kenapa Doraemon dan Dorami dikatakan bersaudara?
Ini menjadi misteri yang menarik... mengapa Doraemon dan Dorami disebut sebagai kakak beradik? Ternyata, karena mereka berdua "dilahirkan" dari satu tangki minyak yang sama...dan "Doraemon" lahir lebih dahulu dari Dorami (2 tahun lebih tua), sehingga ia disebut "kakak", kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut "adik."

10. Kenapa Dorami lebih hebat daripada Doraemon?

Menurut data, Dorami lebih hebat dari Doraemon... Dorami mampu menghasilkan energi sebesar 10000 tenaga kuda, silakan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisa mengeluarkan sebesar 129.3 tenaga kuda (angka hokinya Doraemon nih ). Namun dari segi kepopuleran ya jelas lebih populer Doraemaon :)

11. Asal Mula munculnya Dorami dalam kehidupan nobita
Dorami sebenarnya tidak langsung muncul dalam keluarga Nobita, namun di keluarga cicit-cicitnya Nobita di abad ke-22 yaitu bernama Sewashi. Dorami dibeli untuk menggantikan Doraemon, yang dikirim untuk menemani Nobita. Yang memiliki Dorami adalah Sewashi dan yang mengirim Dorami (dan Doraemon) juga Sewashi. Dorami biasanya dikirim untuk menggantikan tugas Doraemon menjaga Nobita apabila Doraemon sedang dalam urusan penting sehingga ia tidak bisa menemani Nobita, misalnya saat ia harus di-tune up di pabrik.

12. Kenapa Doraemon takut sama tikus?

Doraemon takut sama tikus karena trauma sebab kuping robotnya digerigiti robot tikus juga saat ia tidur siang...tapi admin yakin bukan ini jawaban yang dicari agan

Mengapa harus takut sama tikus? Jawabannya mungkin agak tidak bermutu dan sama sekali BUKAN fakta, hanya sekedar opini: ya karena Fujiko Fujio maunya begitu. hehehe

Was I joking? No, seriously! Fujiko Fujio terkenal dengan imajinasi mereka yang tinggi bahkan di karya-karya mereka selain Doraemon. Mereka gemar menciptakan unsur-unsur humor segar yang bahkan belum pernah dikemukakan di zaman itu. Anggaplah mereka ini JK Rowling-nya Jepang di zaman baheula.

Dengan dasar pikiran begitu admin hanya menebak-nebak bahwa duo Fujiko Fujio tahu, bahwa dengan menciptakan reversed hunting (tikus menakuti kucing, kucing menakuti anjing, manusia menakuti hantu) sebagai "running gag" di Doraemon maka akan menambah unsur komedi yang ajeg di serial ini, sekaligus mempertinggi kesan bahwa Doraemon adalah robot yang "adorable" alias ramah dan tidak berbahaya bagi manusia sebab ia aja bisa takut sama tikus yang seharusnya merupakan mangsa alaminya.


http://veromons.blogspot.com/2011/11/12-fakta-menarik-doraemon.html
Share this Article on :

1 komentar:

Boboiboy From Spenza mengatakan...

Sob, Nama Cucu yang ngirim robot ke kakeknya siapa namanya
Komen Back sob di blog saya

Posting Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.