Artikel Terbaru :

10 Jurusan Kuliah Terunik yang Ada di Inggris

Selasa, 20 Maret 2012

Banyaknya pilihan program studi di perguruan tinggi memungkinkan kamu berkuliah sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Ragam jurusan yang bisa dipilih pun bervariasi, mulai dari yang konvensional hingga inovatif.

Salah satu jurusan inovatif dimiliki kampus asal Amerika Serikat, Harvard University, adalah jurusan tentang Madonna pada awal 90-an. Di Inggris, ada juga jurusan yang unik dan menarik. Apa saja jurusan yang unik di kampus yang ada di Inggris? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Telegraph.



1. Petualangan dan Media
Apakah kamu ingin menjadi kamerawan yang merekam adegan monyet mengayun di antara pohon-pohon tinggi? Jika ya, jurusan Media Petualangan di Cumbria University mungkin bisa menjadi pilihan.
Jurusan ini menawarkan gelar Bachelor of Arts (BA) dengan masa studi tiga tahun. Di sini, mahasiswa mengembangkan kegiatan luar ruangan seperti memanjat, bermain kano, kayak, mendaki gunung, bersepeda gunung, serta keterampilan teknis dalam pengembangan media dan produksi. Lulusan kampus ini telah bekerja sebagai tentara Inggris, layanan darurat, dan pengajar.

2. Pop Musik
Jurusan Musik Populer dengan masa studi tiga tahun dengan gelar BA di Anglia Ruskin University menawarkan sistem belajar dari pengalaman (learning by doing).
Mahasiswa mendapat banyak kesempatan untuk menguji hasil mereka dalam suatu pertunjukan langsung di tempat umum. Mereka juga menyelidiki musik populer melalui pertunjukan, teknologi musik dan produksi, serta ‘dunia’ musik. Mereka menjelajahi sisi teoritis dari musik pop. Namun harus diingat, jurusan ini tidak menjamin kamu akan menjadi bintang populer di dunia musik.

3. Enterprise dan Kewirausahaan
Jurusan ini tidak menjamin mahasiswanya menjadi pengusaha sukses. Namun, jika belajar Enterprise dan Kewirausahaan di Coventry University, para mahasiswa akan mendapatkan pengalaman praktis dalam mendirikan dan menjalankan suatu usaha. Dan jika usaha kamu berbuah kesuksesan, setidaknya kamu tidak perlu khawatir untuk dipecat.

4. Agen Penjualan Properti
Glyndwyr University menawarkan gelar Bachelor of Science (BSc) dalam jurusan Agen Penjualan Properti. Selama lima tahun, mahasiswa akan disiapkan memasuki dunia properti sehingga mereka sukses dalam pekerjaannya.

Mahasiswa yang berhasil selama lima tahun belajar akan menjadi sangat prima bahkan dalam agen properti yang dinamikanya sangat tinggi. Jurusan ini meliputi survei praktis dan penilaian, konstruksi bangunan, praktik agen properti, aspek hukum, sosiologi perkotaan, pembangunan berkelanjutan, dan pembaharuan perkotaan.

5. Studi Viking
Nottingham University merupakan satu dari beberapa universitas di Inggris dengan reputasi yang diakui dalam studi penelitian Viking. Kampus ini menawarkan gelar BA Hons dengan masa studi tiga tahun.
Jurusan ini menawarkan studi intensif dan koheren dari Zaman Viking di Skandinavia, Inggris dan di tempat lain di dunia Viking. Kamu akan memasuki masa tersebut dari sudut pandang berbeda melalui ilmu bahasa Inggris, sejarah, dan arkeologi. Selain itu, ada juga pilihan untuk belajar di luar negeri, yakni di Norwegia atau Denmark.

6. Menyulam
Jurusan unik ini terdapat di University of Creative Arts dengan masa belajar selama dua tahun. Di sini, mahasiswa ditawarkan keterampilan tradisional terkait dengan bordir tangan. Mahasiswa juga diminta mengembangkan keterampilan ini ke dalam kemampuan personal berupa ekspresi kreatif yang independen.

7. Studi Sepakbola
Studi Sepakbola di University of Bedfordshire menawarkan gelar BA. Di sini, mahasiswa akan mendapatkan gambaran luas mengenai sepakbola dalam lingkungan bisnis, pelatihan dan pendidikan, serta studi mengenai industri olahraga secara keseluruhan.

8. Dalang Boneka
Jurusan Pidato dan Drama di University of Central London merupakan kampus pertama di Inggris yang menawarkan program teater boneka. Setiap tahun, kampus ini melangsungkan pertunjukan festival boneka internasional. Mahasiswa di sini akan belajar bagaimana merancang, membuat, dan memanipulasi boneka. Salah satu lulusannya berhasil menjadi dalang di pertunjukan War Horse.

9. Terapi Ekspresif Kreatif
Jika kamu memiliki gairah dalam bidang tari, drama, musik, atau seni, meyakini hal-hal tadi memainkan perannya dalam perkembangan diri, serta ingin bekerja secara kreatif dalam satu hari bersama orang lain, maka jurusan Kreatif Terapi Ekspresif di University of Derby sangatlah cocok.
Selain mewajibkan esai, jurnal reflektif berupa buku harian, pertunjukan, pameran, video dan proyek produksi, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk merefleksikan kemampuan, kesadaran dan komunikasi pribadi.

10. Ilmu Keputusan
Jurusan bernama Matematika dalam Ilmu Keputusan ini ada di University of Greenwich. Jika lulus, mahasiswa akan menerima gelar BSc. Di sini, mahasiswa diajarkan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teknik pengambilan keputusan, termasuk simulasi dan optimasi, serta melengkapi mereka dengan pengalaman dari berbagai perangkat lunak (software).

Selain itu, mahasiswa bisa mengembangkan teknik analisa dan keterampilan memecahkan masalah yang dapat diterapkan dalam berbagai jenis pekerjaan, serta memberi mereka kemampuan untuk menginterpretasikan dan mengomunikasikan keputusan.

sumber
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.