Artikel Terbaru :

Guardiola Berjaya lagi di Wembley

Minggu, 29 Mei 2011

Getty ImagesJakarta - Sudah empat gelar Piala Champions/Liga Champions yang disabet Barcelona. Pep Guardiola boleh menepuk dada karena memegang andil besar dan turut serta aktif dalam 75% kesuksesan tersebut, dengan kesuksesan yang pertama dan yang teranyar sama-sama diraih di Wembley.

Keberhasilan menekuk Manchester United di final Liga Champions di Stadion Wembley, Minggu (29/5/2011) dinihari WIB, membuat Barca total sudah mengoleksi empat titel juara dalam ajang yang dulunya disebut Piala Champions tersebut.

Untuk Guardiola, kesuksesan di stadion tersebut bukanlah yang kali pertama. Pada tahun 1992 silam, pelatih Barca itu pernah merayakan gelar juara yang sama, kendati saat itu masih berstatus sebagai pemain--Wembley saat itu juga masih berstatus Wembley "lama".


Kali pertama Barca mengangkat Piala Champions/Liga Champions memang terjadi 19 tahun yang lalu saat mengalahkan Sampdoria 1-0 lewat extra time. Guardiola saat itu bermain 113 menit.

Nama Guardiola kian lekat dengan kesuksesan Barca di kancah Eropa karena pada tahun 2009 lalu ia juga sukses mengantarkan klub Catalan tersebut jadi jawara Liga Champions--titel juara Liga Champions pertamanya sebagai pelatih.

Artinya, dari empat gelar juara Barca di kancah itu (1991–92, 2005–06, 2008–09, 2010–11) hanya satu kali Guardiola tidak terlibat secara aktif yakni pada tahun 2006 lalu.

Di tahun tersebut Barca jadi juara dengan diantarkan Frank Rijkaard sementara Guardiola masih bermain dan tengah berpetualang di kompetisi Meksiko.
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.