Artikel Terbaru :

Darkspore Review

Kamis, 19 Mei 2011


Siapa yang tidak kenal Maxis ? Selain berhasil menelorkan Serial The Sims, salah satu game unik yang termasuk sukses adalah Spore, dimana kita dapat membuat kehidupan yang di mulai dari tingkat sel hingga peradaban luar angkasa. Kini Darkspore telah hadir dan... tidak menghadirkan fitur seperti spore. Eits jangan kecewa dahulu, mari kita lihat apa saja yang di tawarkan Darkspore !



In The Beginning...

Setelah proses instalasi selesai kita akan di hadapi “launcher” selayaknya game online, disini auto patch akan berjalan setelah “launcher” selesai melakukan patch (atau tidak sama sekali bila tidak ada update) maka kita akan memasuki Darkspore.




Click this bar to view the full image.



Yang pertama kali kita lihat adalah login screen, ya betul seperti (lagi-lagi) sebuah game online dimana kita harus melakukan login terlebih dahulu sebelum mulai bermain, pada layar login ini pun menu option sudah tersedia, tidak begitu istimewa memang option yang di tawarkan, dan sangat di sayangkan tidak ada subtitle.







Click this bar to view the full image.




Lets Play The Game...


Setelah Login, player akan mendapatkan tutorial serta background story tentang darkspore, kemudian player dapat mendapatkan point untuk unlock heroes. Heroes ? ya bila diibaratkan disini player dapat menggunakan 3 heroes dalam 1 squad yang dapat di swap saat berada di field. Setiap heroes memiliki keunikan masing-masing tergantung dari Race dan type nya.

Terdapat 5 Race yaitu :



Quantum : Sang penguasa waktu, biasanya Hero dari race ini mampu melakukan manipulasi ruang dan waktu seperti teleport ataupun mempercepat gerakan. Tidak ada tempat yang tidak dapat dijelajahi oleh heroes quantum, namun ini hal ini dapat dijadikan senjata oleh para quantum, saat menyerang, quantum tidak hanya mampu melambatkan musuh namun dapat pula memindahkan musuh pada tempat yang merugikan.



Necro : Kami akan selalu bangkit kembali, hero necro memiliki kemampuan untuk survive yang tinggi seperti menghidupkan kembali teman atau menghisap nyawa musuh. Selain itu biasnya necro berpenampilan menyeramkan sehingga beberapa skill dari necro dapat menyebabkan musuh terkena status "fear" yang mengakibatkan musuh berlarian tak tentu arah



Plasma : penyerangan adalah pertahanan terbaik, plasma adalah sekumpulan hero yang memiliki kemampuan menyerang yang benar-benar “to the point” mereka tidak memusingkan efek seperti racun atau slow tetapi lebih cenderung kepada “menyerang dan serangan berikutnya akan lebih sakit dari serangan sebelumnya”, karenanya debuff yang di berikan oleh plasma biasanya berupa amplify damage.



Bio : Hadapilah kekuatan alam, mungkin itu adalah kalimat yang paling tepat menggambarkan race Bio, mereka memiliki keharmonisan yang tinggi dengan alam sehingga memiliki kekuatan yang benar – benar berbeda dengan race lainnya. Bio dapat memiliki pet dan dapat penggunakan poison, belum lagi kemampuan mereka untuk menahan musuh dengan skill root.



Cyber : teknologi adalah senjata, tidak ada race yang lebih maju dari cyber, mereka memiliki kemampuan yang cenderung ke arah teknologi, pedang laser (aka lightsaber) serta energy shield adalah bagian dari cyber, tidak lupa tembakan laser yang berbahaya.

satu hal yang perlu di perhatikan adalah apabila player bertemu darkspore yang memiliki race sama dengan hero yang player gunakan, maka damage yang di terima oleh heroes player akan menjadi sebesar 2x lipat ! karena nya memiliki variasi adalah keharusan (baik dalam 1 squad ato memiliki lebih dari 1 squad)

Untuk type sendiri terdapat 3 buah type yaitu :



Sentinel : type yang menggambarkan tingkat pertahanan tinggi dan serangan yang berat namun menghasilkan damage besar.



Ravager : type lincah, dimana serangan biasanya cepat dan dapat menghasilkan kritikal damage dengan kemungkinan yang besar, namun lemah dalam segi pertahanan.




Tempest : type penyihir dimana pertahan dan serangan rendah, namun damage yang dihasilkan oleh skill lebih superior dibandingkan 2 tipe lainnya.


Terdapat 2 pilihan bermain yaitu Campaign atau PvP, sayangnya PvP belum dapat saya coba karena terbentur syarat level (akan saya tambahkan nanti)
Untuk campaign kita dapat bermain bersama dengan teman dengan adanya fitur invite, atau dengan menggunakan matchmaker untuk bergabung secara random.



Control dalam game cukup sederhana QWE untuk swap heroes, 1 sampai 5 untuk menggunakan skill dan mouse untuk pergerakan dan target. Setiap heroes akan memiliki 3 skill dan 2 slot skill kosong akan di isi oleh skill dari heroes yang berada di bangku cadangan.




Deploy Into The Planet...




Tampilannya sendiri cukup memuaskan, efek gore sangat berkesan diablo klasik dimana blood burst begitu banyak. Tidak lupa lingkungan di darkspore bisa dibilang cukup indah. Sayangnya saya tidak bisa melakukan screenshot menggunakan fullscreen mode jadi semua gambar yang ada disini bukan efek maksimal dari darkspore itu sendiri.

Saat kita membunuh darkspore, maka darkspore tersebut biasanya akan menjatuhkan equipment ataupun, dan disinilah faktor yang dapat membuat kita ketagihan, equipment memiliki rarity seperti game RPG pada umumnya namun beberapa equipment disini termasuk “tidak wajar” seperti bola mata, ataupun mulut yang memiliki efek buff.

Saat kita menjalankan misi kita akan mendapatkan beberapa objective, fungsi dari menyelesaikan objective tersebut adalah untuk meningkatkan chance kita mendapatkan item dengan rarity yang lebih baik pada saat penerimaan hadiah, sayang objective yang di berikan terasa monoton. Terdapat 2 tipe objective yaitu Standard yang akan selalu ada serta Daily yang bersifat harian. Objective standard biasanya berupa harus membunuh 100% darkspore atau harus mencari suatu object sedangkan untuk daily dapat berupa menghancurkan semua object. Selain dua objective di atas terdapat pula secret objective yang biasanya... di rahasiakan.




Hey Listen It’s Sound Like...






BGM pada darkspore tergantung pada dunianya untuk menghasilkan mood yang tepat, seperti pada dunia yang lebih cenderung pada teknologi maka biasanya terdengar lagu dengan nuansa sci-fi. Sedangkan untuk sound effect nya, well tidak bisa dibilang wah juga, tetapi masih termasuk menarik di selingi suara sang heroes yang terkadang bersuara (sesuai race masing) apabila menemukan item yang sesuai dengan race atau di saat terdesak dan di saat mengeluarkan skill tertentu.


Long Long Time Ago Far Far Away From The Galaxy...


Terdapat sebuah mutasi genetika yang dinamakan darkspore, mutasi ini menyebabkan para spore menjadi tak terkendali dan terus melakukan invasi. Kita adalah seseorang yang berhasil menyelamatkan diri dan dengan menggunakan DNA para heroes terdahulu kita harus menyelamatkan planet-planet dari serangan darkspore.

Begitulah inti cerita dari darkspore, simple memang namun disajikan dalam bentuk yang cukup menarik, memang tidak sedalam story sekaliber mass effect, namun saya rasa tidak terlalu buruk juga.



This is our Ship...


Tidak hanya Commander Shephard yang mempunyai pesawat luar angkasa dengan 3 lantai, kitapun memilikinya pada game darkspore ini. Ship adalah bentuk lobby bagi kita, disini pula kita dapat mengatur heroes dan squad yang akan kita gunakan.

Pada lantai dasar ship terdapat koleksi hero dan squad, di lantai ini pula kita dapat membeli upgrade.



Lantai tengah adalah tempat kita merubah tampilan heroes, ya betul ini adalah lantai editor dimana fitur edit spore terdapat disini, namun tetap dibatasi.


Kemudian pada lantai teratas kita bisa memilih mode permainan serta misi yang ingin di jalankan.







Last Word...


Bisa dikatakan bahwa darkspore cukup mengecewakan bagi fans spore yang mengharapkan sandbox, dimana player dapat benar benar menciptakan suatu race dan berkembang, sayangnya darkspore menutup hal itu dengan memberikan premade heroes. Namun bukan berarti darkspore menjadi game tidak bermutu, fitur RPG yang di kemas dengan rasa spore ini dapat dibilang cukup menarik sebagai sebuah game yang baru bukan sebuah sequel spore, selain itu darkspore termasuk kedalam tipikal game yang menarik untuk dilihat perkembangannya. Mengumpulkan equipment, dan melakukan PvP adalah fitur utama yang di sajikan pada Darkspore, karenanya sangat di anjurkan untuk membeli produk orisinil apabila ingin mendapatkan item yang selalu terupdate serta menikmati fitur PvP yang tersedia.

Jadi apakah darkspore termasuk dalam kategori “worthed” ? saya rasa iya.


Tambahan :

Berhubung banyak yang bingung ini game online atau offline jadi saya perjelas :

1. Terdapat Autopatch saat pertama kali double klik shortcut (seperti game online patcher)
2. Terdapat menu Login kedalam game seperti game online selayaknya.
3. Misi dapat dijalankan secara Solo maupun Coop
4. Data player disimpan pada Server Side EA, sedangkan pada client hanya game nya saja

dari fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa Darkspore adalah game Single Player Online.
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.