Artikel Terbaru :

Full Review L.A Noire

Kamis, 26 Mei 2011

Diceritakan seorang opsir bernama Cole Phelps bersama partnernya Kelso, menangani sebuah kasus di malam hari. Lalu, mereka berdua mencari bukti-bukti di TKP untuk diserahkan ke markas. Kasus demi kasus diselesaikan oleh Cole Phelps dan setelah menyelesaikan sebuah kasus pembunuhan, Cole Phelps diangkat dari seorang opsir menjadi seorang detektif. Detektif Cole Phelps, begitulah panggilannya sekarang. Wajahnya yang lugu dan polos membuat orang tidak pernah menyangka bahwa dirinya adalah detektif yang hebat. Intuisi Phelps sangat tajam sehingga dia dipercaya menangani kasus-kasus besar dari kepolisian Los Angeles. Kasus apa saja yang akan dipecahkan oleh Phelps, mainkan gamenya dan temukan jawabannya!
Story: 9.5
Spoiler : 
Click this bar to view the full image.


Gameplay: 9.5
L.A. Noire adalah sebuah game Action-Adventure bertemakan detektif. Karena kita berperan sebagai detektif, maka kita tidak bisa sembarangan melukai orang atau berbuat seenaknya. Bahkan menabrakkan mobil ke objek-objek di kota saja bisa berbuah kecaman dari warga. Karena game ini bertemakan detektif, maka kita tidak akan menemukan fiturMultiplayer dalam game ini baik offline maupun online, yang ada hanyalah Social Club. Nah, sebelum lebih jauh lagi, berikut adalah control layout dari L.A. Noire
On-Foot Controls:
A: Action
B: Cancel
X: Talk
Y: Enter Vehicle
Hold Y: Ask Partner to Drive Car
RB: Cover
LB: Intuition
RT: Run/Shot while Aiming
LT: Aim
LS: Move
RS: Camera
Click RS: Reverse Camera
Back: Notebook
Start: Pause (Map)

Fighting Controls:
LT: Brawl
X: Dodge/Block
A: Attack

Vehicle Controls:
RT: Accelerate
LT: Brake
RB: Handbrake
A: Responds Case Reports
X: Ask Direction to Partner
Y: Exit Vehicle
Click LS: Siren
Up D-Pad: Camera Angle

Investigation Controls:
A: Truth
X: Doubt
Y: Lie
LB: Intuition
Back: Notebook
Spoiler : 
Click this bar to view the full image.


MAP:
Map dalam game ini SANGATLAH LUAS dibandingkan GTA IV. Cobalah kalian zoom out dan lihatlah peta Los Angeles secara keseluruhan, luas sekali bukan?. Tapi, walaupun mapnya luas tidak semua bangunan bisa kita masuki. Hanya pintu yang gagangnya berwarna emas saja yang bisa kita masuki.

DETECTIVE:
Dalam L.A. Noire, terbagi banyak kasus dan kasus diistilahkan sebagai Chapter. Setiap kasus memiliki notebook yang berbeda. Jadi, jika kasus sudah selesai, maka notebook kalian akan bersih dari kasus sebelumnya. Pertama, Cole Phelps dituntut untuk mendatangi TKP, lalu setelah mendatangi TKP, dia akan segera mencari petunjuk yang masih tertinggal di TKP. Sebelum semua petunjuk ditemukan, maka BGM belum akan berhenti. Ingat, Pelan-pelan saja mencari bukti-bukti di TKP, lihat seluruh bagian dan benda yang bisa dipegang walau tidak semua benda berhubungan dengan kasus. Periksalah objek dengan menggoyang-goyangkan setiap bagiannya. Setelah mendapatkan semua petunjuk, lakukan interogasi terhadap saksi mata atau tersangka. Pilih pertanyaan yang ingin kalian tanyakan kepada mereka. Perhatikan apa yang dia katakannya dan juga raut wajahnya. Apabila dia mengatakan kebenaran, pilih Truth. Jika kalian ragu dengan apa yang dia katakan, pilih Doubt. Lalu, jika kalian tahu, bahwa saksi berbohong, pilih Lie dan berikan bukti yang memberatkannya.Hati-hati dalam memilih barang bukti, karena jika salah memilih barang bukti yang tidak sesuai dengan pertanyaan yang kita ajukan, maka kita akan kehilangan Experience Points. Lalu ada Intuition, yang bisa kalian gunakan jika kalian kesulitan menemukan barang bukti di TKP. Ketika menggunakan intuisi, maka barang bukti akan muncul dalam Map. Intuisi juga bisa dipakai dalam investigasi untuk mengurangi pilihan yang ada. Intuition tidak bisa terus-terusan kalian pakai, karena setiap intuisi membutuhkan 1 Intuition Level, bisa didapat jika kalian mendapatkan banyak experience dan naik rank.

NOTEBOOKS:
Di dalam notebook, kalian bisa mencatat semua yang terkait dengan kasus seperti saksi mata, tersangka, bukti-bukti di TKP dan juga keterangan-keterangan lainnya. Sering-seringlah melihat notebook karena berbagai petunjuk yang kalian butuhkan ada di dalamnya.

DRIVING:
Menyetir mobil dalam game ini cukup enak dikendalikan dan mudah dikuasai. Tekan LS untuk menyalakan sirene (khusus mobil Polisi). Dan jika kalian malas menyetir mobil, kita bisa menyuruh partner kita untuk menyetir dengan menahan tombol Y dan kita akan langsung sampai di tujuan. Hati-hati dalam menyetir, karena kalau kalian merusak fasilitas kota, maka akan berpengaruh pada hasil akhir kasus kalian yang bisa mengurangi rating. Lalu, tekan A jika ada laporan dari markas kepolisian tentang Street Crimes.
Spoiler : 
Click this bar to view the full image.


ACTION AND SHOOTING:
Bisa dibilang, action dalam game ini cukup sedikit mendapat bagian dibandingkan investigasi dan interogasinya. Untukcover dan shooting, sepertinya hampir sama dengan GTA IV, ada sistem Auto-Aiming yang memudahkan kalian menemukan musuh di medan perang. Karena aksi tembak-tembakannya sangat mirip dengan GTA, maka saya akan membahas tentang aksi kejar-kejaran penjahat. Cukup seru pada waktu kalian mengejar penjahat. Karena kalian tidak harus membunuh penjahatnya, dan kalian boleh membunuhnya jika sang penjahat sudah menyandera seseorang. Hati-hati saat penjahat menyandera sandera, karena jika salah tembak maka misi gagal!. Saat kejar-kejaran, kalian bisa mengejarnya hingga atap gedung sambil panjat-panjatan tangga atau pipa. Dan ketika posisi kalian sudah cukup dengan penjahatnya, kalian bisa men-tackle-nya dengan menekan tombol A dan tertangkaplah sang penjahat. Selain tembak menembak dan kejar-kejaran, ada juga adu jotos dengan penjahat. Tombolnya sangat simpel, X untuk Block/Dodge dan A untuk Attack. Tidak terlalu sulit, mirip dengan Mafia II.

STREET CRIMES:
Street Crimes adalah semacam Side-Mission dalam game ini. Dimana kalian boleh atau tidak menyelesaikannya, tergantung kemauan. Dan Street Crimes tidak mempengaruhi jalan cerita utamanya. Street Crimes tersebar di seluruh kota secara random. Jika terjadi tindakan kriminal ini, maka kita akan diberitahu melalui Police Dispatches di mobil polisi (hanya di mobil polisi).

OUTFITS:
Cole Phelps bisa mengganti-ganti pakaiannya dan tidak harus membelinya. Karena memang tidak ada fitur uang dalam game ini, maka outfits bisa didapatkan dengan berbagai cara, termasuk menaikkan Rank Level-nya.

NEWSPAPERS:
Di sepanjang permainan, tersebar beberapa Newspapers yang bisa kalian cari di tempat yang telah ditentukan. Dan ketika kalian menemukannya, kalian bisa melihat Flashback tentang berita headline di koran tersebut. Akan ada sebuah movie dari flashback tersebut, maka dari itu kumpulkanlah semuanya dan carilah kebenaran!
Spoiler : 
Click this bar to view the full image.


LANDMARKS:
Landmarks adalah suatu tempat dalam game ini yang persis digambarkan seperti aslinya. Jika kalian menemukan sebuah landmark, nantinya akan ditandai di dalam map. Karena map di game ini cukup luas, saya rasa kalian membutuhkan guide-nya untuk mencari semua landmark.

CASES:
Setelah kalian menyelesaikan sebuah kasus, maka akan muncul dalam menu CASES yang bisa kalian ulangi lagi untuk mendapatkan rating bintang 5 di setiap misinya.

Oh iya, dalam menu Extras kita juga bisa menemukan hal-hal sebagai berikut:
VEHICLES SHOWROOM:
Dimana kalian bisa menampilkan semua mobil yang ada dalam game ini, tiap mobil memiliki keterangan tahunnya dan kecepatannya. Kalian bisa membukanya ketika kalian mengendarai jenis-jenis mobil yang ada.

FILM REELS:
Film Reels adalah Collectibles dalam game ini yang bisa kalian kumpulkan di seluruh penjuru kota Los Angeles. Jumlahnya sebanyak 50 buah dan kalian tidak akan menemukannya jika kalian tidak keliling kota Los Angeles dan hanya mengikuti jalan cerita utamanya.
Spoiler : 
Click this bar to view the full image.


Graphics: 10
Grafis yang digunakan sungguh halus. Gerakan karakter sangat luwes. Tapi yang jadi perhatian utama dari game ini, tentu saja Face Motion Scanning untuk ekspresi wajah karakter. Inilah game pertama yang mampu menampilkan ekspresi wajah secara sempurna! Jika kalian perhatikan, maka kalian tidak akan menyangka bahwa ini adalah sebuah game. Saya pun sangat takjub dengan gerakan wajah karakternya. Sangat realistis dan kita seperti menonton film Hollywood. Hati-hati, ekspresi wajah bisa menipu, karena wajah yang polos belum tentu berkata jujur dan wajah yang seram belum tentu berbohong. Gerakan mata, mulut hingga raut muka sangat mempengaruhi investigasi. Dari wajah, kita beralih ke environment. Kota LA ditampilkan sangat sempurna dalam game ini. Begitu banyaknya landmark dari tempat aslinya, membuat game ini semakin mendapat nilai plus untuk grafisnya. Dari mulai karakter, kota, lingkungan, TKP hingga raut wajah, semuanya kualitas nomor satu!

Sounds: 9.5
Untuk voice acting, tidak perlu diragukan lagi, Rockstar dan Team Bondi berhasil memilih voice actor yang hebat untuk memerankan karakter dalam game ini. Setiap obrolan dalam game ini sangat menjiwai, bahkan ketika dilakukan investigasi.Lip Sync antara mulut dan suara juga sangat sempurna. Hampir tidak ada kesalahan dalam lip sync. BGM sangat berpengaruh pada investigasi barang bukti. Jangan berhenti mencari clue sebelum musiknya berhenti. Setiap adegan memiliki tema musiknya masing-masing tergantung keadaan. Lalu, untuk musik kita akan ditemani oleh alunan musik Jazz yang ngetop di era tahun 1940-an. Sayangnya, tidak ada fitur radio dalam game ini, karena sepanjang kalian mengendarai mobil, kalian hanya mendengar suara partner yang memberi tahu arah, bukan suara radio.
Spoiler : 
Click this bar to view the full image.


Overall: 9.5
Luar Biasa!! Saya berani mengatakan bahwa L.A. Noire adalah sebuah masterpiece! Sepertinya Rockstar memang hampir tidak pernah gagal membuat para penggemarnya berdecak kagum di setiap game yang dikeluarkannya. Game ini tampil hampir tanpa cela. Dan kalaupun ada cela, maka bisa ditutupi dengan kelebihannya yang luar biasa ini. Salah satu daya tarik game ini tentu saja, ekspresi wajah karakter yang sangat realistis. Kalian hampir tidak bisa membedakan bahwa ini adalah game, bukan film. Rasanya ini adalah sebuah game impian bagi kalian yang menyukai serial detektif macam Conan, Kindaichi ataupun Sherlock Holmes. Tapi, jika kalian tidak terlalu menyukai tema detektif, maka game ini akan cepat membuat kalian bosan karena tidak bisa berbuat seenaknya seperti GTA. Untung lah saya salah satu pencinta serial detektif, jadi saya sangat enjoy memainkan game ini. Kita lihat saja, apakah game ini berhasil menyabet gelar Game of The Year seperti GTA IV dan Red Dead Redemption? Rasanya dua jempol saja tidak cukup untuk Rockstar dan Team Bondi! There's Only One Truth!!

Game Info:
Developers: Team Bondi, Rockstar Games
Publishers: Rockstar Games
Platforms: Xbox 360, Playstation 3
Release Dates: May 17, 2011
Genres: Action-Adventure, Open World, Detective
Rating: Mature
Wave: 11th
AP 2.5: NO
Media: 3 DVD
NXE Installation:
Disc 1: 6.6 GB
Disc 2: 6.6 GB
Disc 3: 6.7 GB
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.