Artikel Terbaru :

[Preview] Battlefield 3

Sabtu, 12 November 2011



Pembuka
Jadwal perilisan game fps action shooter, Battlefield 3 (BF 3) untuk PC, Xbox 360, dan PS3, dari hari kehari semakin dekat. Disaat yang sama pihak Electronic Arts (EA) selaku penerbit dan DICE sebagai pengembang dari BF 3 ini, terus rajin memperbaharui berbagai informasi terbaru mengenai beberapa hal dari game ini ke publik. Informasi-informasi terbaru itu berupa perilisan trailer, video-video soal gameplay mode single player (SP) maupun multiplayer (MP) yang masih dalam tahap alpha ataupun beta. Namun, pihak DICE lebih jor-joran dalam membuka banyak hal seputar mode MP dari game ini, baik detail kendaraan-kendaraan tempur yang bisa dipakai, maupunpersenjataannya ataupun unlock item/skill yang muncul. Untuk itu, penulis membuat preview sekilas info yang dirangkum dari berbagai sumber dan narasumber.





Mode Single Player

Berbeda dengan informasi seputar mode SP dari BF 3 yang bisa dibilang sangat terbatas. Mode SP dalam BF 3 ini, sepertinya tidak akan menyerupai mode SP sebagaimana yang muncul pada Battlefield 1942, BF Vietnam, BF 2 maupun BF 2142. Yakni, mode SP dalam keempat game tersebu tak memiliki cerita utama, melanikan hanya mode skirmish antara gamer sebagai player bersama para AI team berperang melawan para AI BOt musuh di banyak peta level. Bisa dibilang sebagai mode MP offline.

Dari berbagai sumber video youtube yang beredar, penulis menyimpulkan bahwa mode SP BF 3 kurang lebih akan mirip seperti mode SP di BF Bad Company 2. Sebab, gamer akan memerankan seorang prajurit Marinir Amrik, bernama Black, bersama beberapa rekan setim, bertempur melawan musuh di beberapa sudut di reruntuhan sebuah kota. Setting game nya pada 2014, berlokasi di perbatasan Irak utara dengan Iran. Timnya si Black itu dihadang musuh ketika mereka sedang melakukan misi mencari beberapa prajurit Amrik yang menghilang, ketika sedang menyelidiki sebuah lokasi yang diduga digunakan sebagai tempat penimbunan senjata-senjata kimia.

Beberapa waktu lalu, DICE sempat menjelaskan jika peta-peta level dalam mode SP game ini, akan menyajikan tiga kota besar dunia, yakni Teheran, Paris, dan New York. OK, jika sudah menyebut Teheran, Ibukota Iran, pada 2014, dan ada misi mencari senjata-senjata kimia, mungkin bisa sedikit ditarik benang merah bahwa akan muncul satu kisah soal konspirasi dunia terkait akan isu penemuan senjata pemusnah massal. Dan tentu saja, jika berhubungan dengan Teheran, yang masih dianggap sebagai negara yang berseberangan dengan Amrik, ya bisa dibilang cerita mode SP dari BF 3 ini mungkin akan bernuansa sensitif dan ada unsur kejutan. Sehingga, bisa dipahami mengapa pihak DIce tak begitu terbuka menjelaskan soal mode SP nya kepada publik. Selain hanya menyebutkan setting ruang dan waktu, DICe juga menyatakan bahwa mode SP BF 3 akan berlangsung selama 6 hingga 10 jam saja. Wow, lebih dari enam jam bermain di mode SP?? Semoga saja memang menjadi kenyataan.



Mode Multiplayer
DIce menjanjikan jika mereka akan menyuguhkan mode SP yang berkualitas sama tingginya dengan mode MP. Mode Mp akan menjadi bintang utama dalam BF 3 ini, sesuai tradisi yang dibangun oleh EA dan DIce sejak seri BF 1942 meluncur ke hadapan publik gamer. Berbagai mode MP baru telah dipersiapkan untuk mengisi BF 3 ini, yakni:

Code:
Conquest
Conquest 64
Rush
Squad Rush
Team Deathmatch
Squad Deathmatch
Dan, khusus untuk PC, pihak DIce telah membuat beberapa pengecualian, diantaranya game BF 3 versi PC yang bisa menghadirkan 64 pemain sekaligus dalam satu mode Conquest. Peta levelnya pun juga telah disesuaikan untuk terlihat lebih besar dalam versi PC. Sebagaimana yang terlihat dalam trailer caspian border, pertempuran seru antar 64 pemain, berupa pasukan infanteri vs kavaleri vs angkatan udara dalam satu peta level di BF PC, sedangkan BF 3 versi konsol hanya mendukung maksimal 24 pemain saja dalam satu peta level Conquest. Namun, ada juga mode Conquest yang bukan berjumlah 64 pemain, 

Sedangkan untuk mode MP Team Deathmatch (TDM), maximal jumlah pemain hanya 24 orang di satu peta level dan berlaku untuk ketiga BF 3 versi PC dan konsol. Sebab, mode DM itu hanya berisi pertempuran antar sesama infanteri saja, kurang lebih sama seperti mode TDM di Call Of Duty 6 MP OL. BF 3 pun memiliki sistem poin bagi para gamer yang memainkannya. Sistem poin ini agak berbeda dengan para pendahulunya, beberapa aspek mendapatkan peningkatan jumlah poin. Seperti untuk membunuh musuh kini mendapatkan 100 poin. 

Berikut ini detail sistem poin nya:

Code:
Kill points:

    Kill enemy: 100 points
    Knife kill: 300 points
    Comeback kill: 60 points
    Headshot bonus: +10 points
    Eliminate enemy squad: +10 points
    Savior bonus: +20 points
    Avenger bonus: +10 points
    Destroy vehicle: 200 points
    Disable vehicle: 100 points

Assist points:

    Kill assist: from 10 to 60 points
    Spot assist: 10 points
    Squad kill assist: from 10 to 60 points
    Squad spot assist: 20 points
    Suppressive fire assist: +10 points
    Squad spawn on you: +10 points

M-COM objective points:

    M-COM arm: 200 points
    M-COM disarm: 200 points
    M-COM destroy: 200 points
    M-COM attack bonus: +20 points
    M-COM defend bonus: +20 points

Support

    Revive teammate: 100 points
    Squad revive: +20 points
    Squad Spawn on you: 10 points
    Repair: +20 points
    Squad repair: +30 points



Selain itu, DICE juga mengeluarkan daftar persenjataan & perlengkapan yang bisa dibawa oleh para prajurit infanteri. Berikut ini detailnya:

Code:
1. Weapons
Assault rifles

    M16A4
    M416
    G3
    Ak74M
    AN94
    KH2002
    AEK971
    F2000
    ASVAL

Carbines

    M4A1
    G36C
    AKS74U
    SCAR H
    A-91
    SG553LB

Light machine guns

    M249
    M60
    M27 IAR
    M40
    RPK
    Pecheneg
    Type88

Sniper rifles

    MK11
    SVD
    SV98
    M98B
    M40A5
    M82A3

Battle Rifles

    M39
    SKS

Sub Machine guns

    P90
    P90TR
    MP7
    UMP-45
    PDR
    PP2000

Shotguns

    870 MCS
    M1014
    USAS-12
    Saiga 20K
    DAO-12

Rocket launchers

    AT4
    SMAW
    RPG-7
    Javelin
    FIM-92 Stinger
    SA-18 IGLA

Pistols

    M9
    M93R
    MP443
    MP412
    Glock 17
    Glock 18
    M1911
    T44

Miscellaneous

    M67 Hand grenades
    M18 Smoke grenades
    C4 explosives
    M15 Anti tank mine
    Claymore mine
    60MM Mortar
    M320 40mm launcher with grenades/smoke/shotgun
    M26 MASS with shotgun/Flechettes/flag round/solid slugs

2. Weapon Accessories

Optics

    M145
    RDS Reflect
    Kobra
    Holographic
    PKA-S
    ACOG
    PSO-1
    PK-AIRNV
    PKS-07
    8x Rifle Scope
    12x Ballistic

Ergonomics

    Foregrip
    Bipod

Performance

    Heavy Barrel
    Suppressor
    Tactical Light
    Laser Sight
    Flash Suppressor
    Straight Pull Bolt

Underslung Weaponry

    M320
        40mm grenades
        Bucksot
        Smoke grenade
    M26 MASS
        12 gauge
        Flechettes
        Frag round
        Solid slugs



Selain mengeluarkan daftar persenjataan ringan, alat peledak serta aksesoris untuk persenjataan yang dapat digunakan di mode MP BF 3. DIce juga merilis daftar kendaraan tempur baik darat, air maupun udara yang dapat dipakai oleh gamer. 

Code:
The Vehicles

Fast Transport

    Growler ITV
    VDV Buggy

Armored Transport

    HMMWV
    G3937 Vodnik

Infantry Fighting Vehicles

    LAV-25
    BMP-2M

Mobile Anti Air

    LAV-AD
    9K22 Tunguska-M

Main Battle Tanks

    M1 Abrams
    T-90

Scout Helicopters

    AH-6J Littlebird
    Z-11 W

Transport Helicopters

    UH-1Y Venom
    KA-60 Kasatka

Attack Helicopters

    AH-1Z Super Cobra
    MI-28 Havoc

Fighter Jets

    F/A-18 Super Hornet
    SU-35BM Flanker-E

Attack Jets

    A-10 Thunderbolts
    Su-39

Naval Transport

    RHIB

Amphibious Assault

    AAV-7A1

Vehicle Specilizations

    Coaxial MG
    Coaxial HMG
    Canister Shells
    Guided Shells
    Zoom Optics
    Thermal Optics
    IR Smoke
    Reactive Armor
    Maintenance
    Belt Speed
    Thermal Camo
    Auto Loader
    Proximity Scan
    CITV Station
    ATGM Launcher
    APFSDS-T Shells
    Guided Rocket
    Air Radar
    Heatseekers
    Laser Painter
    TV Missile
    IR Flares
    Extinguisher
    ECM Jammer
    Rocket Guidance System
    Below Radar
    Guided Missile
    Beam Scanning


Dice telah mengkonfirmasikan jika jumlah peta level di BF 3 ada sembilan peta, belum termasuk DLC peta Back To Karkand. BF 3 juga mendukung dedicated server namun BF 3 tidak akan menggunakan in game server browser, melainkan BattleLOg. Jadi jika gamer mau keluar dari satu server untuk pindah ke server lain nya, gamer musti Alt+tab lalu masuk ke Battlelog dan memilih server mode MP disana. Menurut Dice, desain BattlelOg ini demi memudahkan gamer untuk lebih berinteraksi sosial di dunia maya dengan para pemain lainnya. Sedangkan BF 3 versi konsol, dikabarkan tidak akan menggunakan in game server browser. 

Mode tingkat kesulitan Hardcore juga akan kembali muncul dalam mode MP BF 3. Selain itu, fitur commo rose, untuk memudahkan gamer meminta bantuan tembakan artileri/dukungan dari markas, juga kembali hadir di BF 3. PIhak DIce, merencanakan fitur ini juga akan muncul di BF 3 versi konsol. Para pemain bisa spawn dan menjadi anggota tim siapa saja. Fitur Kill CAm juga akan kembali di BF 3. Mode MP BF 3 ini akan menghadirkan begitu banyak unlock item, dan perk. Diantaranya semisal senjata-senjata yang dimiliki oleh faksi tertentu baru bisa dibuka ketika gamer sudah memiliki pangkat yang lumayan tinggi. Peredam suara berlaku untuk semua jenis senjata ringan, kecuali tipe shotgun. 


Setiap senjata memiliki variasi tembakan peluru yang berbeda-beda. Claymore juga akan kembali, gamer musti merangkak untuk bisa melewatinya, tetapi juga bisa memakai bahan peledak lainnya untuk menghancurkan claymore-claymore dan ranjau-ranjau lainnya. Kelas Engineer, bisa memakai EOD bot untuk memperbaiki kendaran-kendaran, mempersenjatai MCOm dan melumpuhkan ranjau-ranjau. Semua kendaraan bisa memulihkan diri sendiri, sampai kendaraan itu hancur sendiri atau dihancurkan oleh yang lainnya. Setiap Pesawat tempur jet memiliki ketinggian maximal hingga 1KM alias sama seperti di BF 2, selain itu jet-jet tempur tsb juga akan tersedia di BF 3 versi konsol juga. Namun, fitur setingan Infanteri only di dalam mode MP juga kembali.



Spoiler : 
The Assault Class will be carrying a medic kit and will also be able to revive fallen teammates on the Battlefield with a defib kit.

The Support class can throw out ammunition as well as using an LMG to fight his way through hordes of enemies. The LMG is equipped with a bi-pod that you can fold out when you prone to give you that extra accuracy. Also, if you lay down some of that heavy suppressive fire on an enemy, you could also score some extra points as you’ll blur the enemies vision.

The engineer class is equipped with a submachine-gun with a flashlight that can actually be used to blind people thanks to the great tech provided by the Frostbite 2 engine. This is especially useful in the Operation Metro map due to the narrow spaces and darker areas of the map. The class also comes with a welding tool to repair friendly vehicles as well as an RPG to destroy enemy vehicles.

The Recon class has a semi-automatic sniper rifle and is also equipped with some powerful C4. Those C4 explosions can cause destruction – a Battlefield favorite – anytime, anywhere.





Co-Op
Bagi gamer yang tidak begitu tertarik dengan mode MP OL yang se-epik BF 3 ini, bisa menikmati mode Co-op di BF 3. Fitur Co-op ini menurut DIce, ditujukan untuk menjembatani antara pemain yang ingin merasakan mode MP dengan rasa mode SP, ataupun sebaliknya. Sebab, mode SP yang berupa cerita kampanye ini bisa dimainkan secara Co-Op. Dan untuk melindungi para gamer yang bermain dalam mode MP ini dari para tukang curang, maka pihak DICE juga akan memanfaatkan fitur PUnkBuster (PB) sebagaimana sistem anti cheat untuk mode MP di BF BC 2.



GFX+Sound
Soal gfx engine dalam BF 3 versi PC, sebagaiman sudah diketahui oleh publik bahwa Dice memakai Frosbite Engine 2 dan gfx engine itu tidak akan lagi mendukung DX9c, dengan kata lain nya gamer harus memakai PC dengan OS nya berupa win vista sp 2 ataupun win 7 sp 1. BF 3 hanya mendukung Dx10 dan Dx11 saja. Dice menjanjikan, berbagai efek kerusakan bangunan dan keindahan gfx yang mengagumkan dalam BF BC 2 akan kembali hadir di BF 3 dan akan lebih dimaksimalkan dalam versi PC nya. Sebagai contohnya, pada awal-awal trailer gameplay, dimana tim Black yang sedang bertempur melawan musuh-musuh yang sedang bersembunyi di bangunan-bangunan tinggi, terlihat detail dari pecahan-pecahan obyek akibat terkena rentetan peluru maupun ledakan. Ada pula adegan reruntuhan ataupun kehancuran sebuah gedung akibat ledakan terkena roket. 

Dalam BF 3 versi PC juga akan mendapat opsi gfx berupa Ultra setting, entah apa akan ada efek-efek tesselatian nya atau tidak dengan opsi gfx ultra tersebut. Namun satu hal yang pasti, DICE akan memaximalkan fitur FXAA, mode Anti Aliasing terbaru khusus untuk BF 3 ini. Kualitas suara juga akan dibuat semaksimal mungkin oleh DICe, sehingga bisa membuat para gamer semakin larut dan terlibat dalam berbagai pertempuran yang seru di BF 3 ini.


Penutup
Sejak awal, pihak EA dan DICe telah sesumbar, dengan mengatakan kepada publik bahwa BF 3 akan melumatkan COD Modern Warfare 3 yang dimiliki oleh ACtivison, yang jadwal rilisnya juga saling berdekatan itu. Bukan hanya itu, pihak EA juga menyatakan bahwa nasib COD akan berakhir pada dua hingga tiga tahun lagi. Hmm, benarkah seperti itu?? mari kita lihat pada akhir 2011 ini, bagaimanakah hasil akhir pertempuran antara BF 3 vs MW 3?



=================================================
Detail DVD
=================================================
Developer : DICE
Publisher : EA
Platform : PC, Xbox 360, dan PS 3
Tgl Rilis : 25 Oktober 2011

Code:
Minimum PC requirements for Battlefield 3:

    Hard Drive Space: 15 GB for disc version or 10 GB for digital version
    Operating System: Windows Vista or Windows 7
    Processor: Core 2 Duo @ 2.0GHz
    RAM: 2GB
    Video Card: DirectX 10 or 11 compatible Nvidia or AMD ATI card


Recommended PC requirements for Battlefield 3:

    Hard Drive Space: 15 GB for disc version or 10 GB for digital version
    Operating System: Windows 7 64-bit
    Processor: Quad-core Intel or AMD CPU
    RAM: 4GB
    Video Card: DirectX 11 Nvidia or AMD ATI card, GeForce GTX 460, Radeon Radeon HD 6850
 source
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.