Kartu SIM berukuran kecil sebelumnya telah kita kenal dengan adanya Micro-SIM yang juga telah dipakai pada perangkat gadget milik Apple seperti iPad 2 dan iPhone 4, maupun di smartphone barunya iPhone 4S yang akan hadir di Indonesia sekitar bulan Desember mendatang.

Namun tidak akan lama lagi Micro-SIM sudah tidak menjadi kartu SIM paling kecil. Pasalnya tahun depan akan hadir Nano-SIM dengan ukuran 60% lebih kecil dan 15% lebih tipis dari Micro-SIM. Kehadirannya diungkapkan oleh Giesecke & Devrient sebuah perusahaan pembuat kartu SIM. 

G&D menyatakan Nano-SIM nanti memiliki ukuran hanya 12 x 9 mm. Untunglah kartu SIM baru dengan ukuran lebih kecil ini masih bisa digunakan pada perangkat seluler lawas yang masih menggunakan kartu SIM model lama.

Proses pengerjaan Nano-SIM sudah hampir rampung, G&D sendiri sudah mengirimkan sempelnya ke operator seluler. Jadi jika tidak ada kendala mungkin tahun 2012 mendatang Nano-SIM sudah hadir di perangkat seluler atau semua perangkat yang akan menggunakan kartu SIM.

Sebenarnya untuk apakah Nano-SIM ini? Maksudnya, dengan ukuran sekarang ini, kartu SIM sudah lebih dari cukup. Atau mungkin, tahun depan banyak perangkat mobile berukuran kecil dan sangat tipis sehingga untuk menghemat tempat diperlukan kartu SIM yang juga kecil? Ada kaitannya dengan iPhone 5 kah? Masih menjadi misteri.