Google akhirnya meluncurkan secara resmi layanan musik bagi sistem operasi Android yang dinamakan Google Music. Dengan layanan ini pengguna akan dengan mudah mencari, membeli dan berbagi koleksi musik yang kalian punya.

Layanan ini juga memungkinkan untuk mensingkronasikan koleksi musik kalian melalui teknologi cloud computing sehingga koleksi musik yang kalian beli di Android Market yang telah terintegrasi dengan Google Music dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja.

Toko online ini menyediakan 13 juta judul lagu yang datang dari berbagai label musik besar seperti Univerrsal Music Group, Sony Music Entertainment, EMI dan juga label independen sepeti Merlin, Merge Records, Warp Records, Matador Records, XL Recordings and Naxos.

Google juga bekerja sama dengan beberapa distributor independen besar di dunia sepeti IODA, INgrooves, The Orchard and Believe Digital. Google Music memperbolehkan pengguna untuk membeli sebuah lagu atau keseluruhan judu. Lagu yang sudah dibeli kemudian akan ditambahkan ke Google Music Library milik pengguna sehingga bisa diakses kapan saja.

Google Music juga menawarkan konten ekslusif kepada pengguna seperti lagu spesial dari The Rolling Stones, Coldplay, Busta Rhymes, Shakira, Pearl Jam, Dave Matthews Band, and Tiësto. Para artis juga diperbolehkan untuk mendistribusikan langsung lagu mereka berkat sebuah fitur yang dinamakan Artist hub.



Google Music dapat dinikmati oleh seluruh pengguna smartphone Android yang telah menggunakan sistem operasi Android 2.2 keatas. Sayang sekali bagi kita yang tinggal di Indonesia karena layanan ini baru diluncurkan untuk pengguna Android di Amerika Serikat saja.

Source