Anti klimaks, mungkin kata itulah yang mampu menggambarkan ketidakberuntungan mesin game portabel generasi baru milik Sony ini. Di minggu kedua setelah perilisan penerus PSP bernama PlayStation Vita angka penjualannya mengalami penurunan sangat drastis atau bisa dibilang terjun bebas. Turun hingga 78% dibanding debutnya di minggu pertama.

Memang sebelumnya PS Vita berhasil cetak rekor penjualan sangat fantastis, sebanyak 321 ribu unit terjual di Jepang dua hari setelah rilis. Sayangnya di minggu kedua yang notabene masuk masa liburan natal malah berbanding terbalik, hanya terjual sebanyak 72.479 unit saja.

Hasil buruk tersebut mungkin disebabkan karena belum hadirnya beberapa nama game andalan, banyak diantaranya baru hadir tahun 2012. Selain itu ditemukannya beberapa bug yang cukup mengganggu juga mempengaruhi, termasuk masalah pada layar sentuhnya yang kurang responsif.

Jika dibandingkan hasil yang diperoleh kompetitornya dari Nintendo, angka penjualannya jauh dibawah. Meski mengalami hal yang sama di minggu kedua setelah perilisan, namun penurunan 3DS tidak terlalu ekstrim. Hanya turun sekitar 45% dari 374.764 unit ke 209.623 unit.

Jadi untuk liburan akhir tahun ini rating penjualan PS Vita harus rela jatuh ke posisi kelima dibawah PS3, Wii, PSP dan 3DS yang kali ini berhasil terjual sebanyak 482.200 unit.

source ]