Artikel Terbaru :

Mantan Pembalap F1 Ikuti Paralimpiade

Rabu, 05 September 2012

Mantan pebalap F1, Alex Zanardi tengah berujuang mengejar medali paralimpiade London 2012  di nomor  paracycling, sepeda balap yang dikayuh dengan menggunakan kedua tangan.

Tampilnya Zanardi mewakili Italia di London  merupakan sesuatu yang tidak pernah diduganya.  Karena itulah di akun twitter miliknya sebelum berangkat ke London, kelahiran Bologna, 23 Oktober 1966 ini menulis,"Saya memikirkan semua yang pernah saya lakukan. Saya benar-benar seorang yang beruntung."

Semuanya memang berubah buat Zanardi saat ia mengalami kecelakaan mengerikan saat lomba CART di Jerman pada 2001 yang membuatnya kehilangan kedua belah kakinya.

Zanardi, dua kali juara kejuaraan CART, mengalami peristiwa mengenaskan pada 15 September 2001 di Eurospeedawy Lausitz, Jerman. Di ajang ini saat memacu kenadraannya dengan kecepatan 320 kilometer per jam ia terlibat tabrakan dengan pebalap  Kanada, Alaex Tagliani.

Cedera yang dialami Zanardi begitu parah, sehingga dokter perlombaan yang tengah berusaha menolong sempat terpeleset cairan yang menggenang.  Bukan oli atau bensin, cairan itu adalah darah yang mengalir dari cedera Zanardi.

Zanardi kehilangan kedua belah kakinya. Ia juga kehilangan 70 persen darahnya juga cedera pada tulang dan levernya. Namun anehnya, dan -ajaibnya- Zanardi selamat.

Hanya beberapa bulan setelah kecelakaan yang nyaris merenggut nyawanya tersebut, Zanardi langsung belajar berjalan dengan menggunakan kaki palsu. "Saat itu adalah masa-masa yang sulit untuk menyesuaikan dengan kondisi fisik yang berubah."

Dua tahun setelah kecelakaan tersebut, Zanardi sudah berlomba lagi di sirkuit Lausitz. Meski tidak ikut dalam lomba sekelas CART, Zarnardi ikut dalam berbagai lomba dengan menggunakan kaki palsu.

Perkenalan Zanardi dengan paracycling terjadi secara kebetulan. Ia menekuni olah raga ini untuk menjaga kebugaran tubuhnya.  Pada 2007, ia memutuskan untuk ikut dalam perlombaan cabang olah raga ini. 

Di lomba ini ia mengalahkan pebalap yang lebih senior dan mampu menempati peringkat empat. Pada 2011, ia sudah menjadi juara.

Di London,  Zanardi akan menantang Oscar "Oz" sanchez, atlet paracycling Amerika yang meraih medali emas di  Paralimpiade Beijing 2008 lalu.

kompas.com
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.