Artikel Terbaru :

Surface dan iPad, Mana yang Lebih Tangguh?

Rabu, 20 Juni 2012


Hari ini Microsoft membuat kejutan dengan meluncurkan Microsoft Surface, table baru yang mungkin akan menjadi ancaman tertangguh bagi iPad yang sekarang ini masih mendapat gelar sebagai tablet terpopuler. Benarkah Surface lebih unggul dibandingkan iPad, mari kita lihat.
Langsung saja kita buka spesifikasi kedua tablet tersebut.
Seperti yang bisa kita lihat melalui tabel dari Venture Beat diatas, Surface masih diselimuti oleh begitu banyak misteri. Bluetooth? 4G? Ram? Microsoft sepertinya masih ingin bermain petak umpet sampai sampai semua orang penasaran dengan tablet mereka. Tapi yang pasti, jika dilihat secara sekilas, dan dengan spesifikasi minim yang beredar saat ini, kekuatan hardware keduanya sejauh ini hanya beda tipis.
Surface jelas lebih unggul jika melihat dari sisi port yang disediakan, dimana Apple, kita ketahui sama sekali tak berniat bersaing dalam hal ini. Dan hal ini jika dilihat dari ideologi perusahaan sebenarnya tetap membuat skor mereka sama. Tapi tentu ketersediaan port USB dan kartu memori adalah pesona yang tak dapat diabaikan oleh sebagian orang.
Dari sisi performa, kita juga masih sulit menerka mana diantara keduanya yang lebih ngebut. Secara informasi mengenai kecepatan prosesor dan RAM termasuk dalam poin yang disembunyikan oleh Microsoft. Tapi rasanya pentas performa ini tidak akan terlalu berpengaruh di mata pengguna tablet, karena saat ini penggunaan tablet, walaupun jeroannya sudah cukup canggih, pada pengaplikasiannya masih cukup terbatas. Semua ini tentu saja akan berubah seandainya Surface memberikan lebih banyak ruang kepada hardware untuk unjuk gigi, misalnya RAM lebih banyak untuk penggunaan software editor yang lebih rumit dan prosesor grafis yang cukup kuat untuk mengijinkan penggunanya memainkan game yang lebih berat. Keyboard dock yang terintegerasi sebagai 'sampul', dan disembunyikannya informasi RAM mungkin dapat menjadi sebuah indikasi bahwa Microsoft ingin membuat tablet ini lebih multifungsional. Namun tentu saja, semuanya masih sekedar kemungkinan belaka.
Dan jika kemampuan hardware kedua tablet ini akhirnya terlihat seimbang, maka pertempuran selanjutnya kembali ke pesona 'inner beauty' diantara keduanya. iPad jelas unggul dengan ciri khas UI minimalis mereka yang sudah mempunyai fans tersendiri, dan Surface harus mengejar ketertinggalan ini dengan interface Metro UI Windows 8 mereka yang masih asing dan baru di mata kebanyakan pengguna tablet. Dan terakhir, faktor yang cukup menentukan lainnya adalah ketersediaan aplikasi dari para developer, dimana Apple saat ini juga masih lebih unggul, dan BlackBerry Playbook mati suri karena kekurangan yang satu ini. Dan jangan lupakan juga jika diluar sana masih ada Android!
Jadi, apakah Surface dapat menjadi pesaing tangguh bagi iPad? Kunci jawabannya mungkin terletak pada 'image' Surface yang akan dibangun oleh kreatornya sendiri, yaitu Microsoft. Apakah tablet ini akan menjadi pendobrak dari sisi fungsionalitas, atau Microsoft sudah cukup yakin bahwa tampilan Metro UI pada Windows 8 mereka mampu bersaing dengan penampilan iOS. Biarkan waktu yang akan menjawab.
[http://www.idbite.com]
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.