Artikel Terbaru :

6 Programmer Legendaris Terhebat

Minggu, 02 Februari 2014

Banyak programmer komputer yang berjasa bagi kemajuan dunia. Melalui software atau perangkat yang diciptakannya, mereka membuat hidup manusia menjadi lebih mudah.

Beberapa programmer komputer pun punya nama yang melegenda. Sebab, software yang mereka ciptakan terbukti sangat berguna atau menjadi basis bagi penemuan-penemuan selanjutnya.

Richard Brodie
6 Programmer Terhebat di Dunia 
Microsoft Word adalah software komputer yang sangat membantu banyak orang. Software untuk mengetik kata ini memang menawarkan beragam kemudahan sehingga tetap populer sampai saat ini.Pembuatnya adalah pria kelahiran Amerika Serikat bernama Richard Brodie. Dia bergabung menjadi karyawan Microsoft pada tahun 1982 sebagai pegawai ke 77 di bagian Microsoft Application Division.Brodie menciptakan Word dalam waktu 7 bulan. Selain itu, dia juga menulis program Notepad versi pertama dan Word untuk komputer IBM PC jr.Microsoft Word sendiri dirilis pertama kali pada tahun 1983. Software itu kemudian tersedia bagi berbagai platform komputer selain Windows, seperti Apple Macintosh.Brodie sudah mengundurkan diri dari Microsoft pada tahun 1994. Saat ini dia banting setir menjadi seorang motivator dan penulis buku best seller.


Brian Behlendorf
6 Programmer Terhebat di Dunia - www.SurgaBerita.com 

Brian Beflendorf adalah salah seorang figur penting dalam gerakan perangkat lunak open source. Dia adalah developer utama Apache Web server, software web server paling populer di internet.

Brian juga tercatat sebagai salah satu pendiri Apache Group yang kemudian berubah nama menjadi Apache Software Foundation. Di samping itu, Brian pernah berstatus sebagai anggota dewan pimpinan Mozilla Foundation.
Apache HTTP Server sendiri berperan penting dalam pertumbuhan awal World Wide Web. pada tahun 2009, ia menjadi software web server pertama yang melampaui 100 juta website.
Biasanya, Apache berjalan di sistem operasi Unix dan dikembangkan untuk digunakan di Linux.  Namun saat ini juga tersedia di sistem operasi lain termasuk OS X dan Windows.

Linus Torvalds
6 Programmer Terhebat di Dunia - www.SurgaBerita.com 

Linus adalah salah satu sosok paling terkenal di dunia komputer. Pria kelahiran Finlandia ini adalah software engineer dan hacker yang menjadi sosok penting dalam perkembangan sistem operasi open source Linux.

Setelah belajar mengenai Unix di universitas, Linus mulai menggrap Linux. Sejak dipublikasikannya kode Linux di tahun 1991, saat ini sudah jutaan orang yang menggunakannya.
Linus kemudian menjadi arsitek utama kernel Linux dan saat ini berperan sebagai koordinator proyek. Berkat kesuksesan Linux, Linus pun mendapatkan beragam penghargaan.
Linus meraih Millenium Technology Prize oleh Technology Academy Finland di tahun 2012. Dia dinilai berkontribusi besar atas pengembangan sistem operasi open source baru untuk komputer, yang memicu penggunaan luas kernel Linux.


Dennis Ritchie
6 Programmer Terhebat di Dunia - www.SurgaBerita.com 

Dennis MacAlistair Rirchie adalah ilmuwan komputer asal Amerika Serikat yang dianggap berperan besar dalam perkembangan era digital.  Dia dikenal luas sebagai pencipta bahasa pemrograman C.

Dennis juga menjadi developer kunci sistem operasi Unix dan salah satu penulis buku The C Programming Language. Bahasa pemrograman C saat ini luas digunakan dalam aplikasi, sistem operasi dan juga embedded system development.
Pengaruh bahasa pemrograman C memang sangat terasa dalam kebanyakan bahasa pemrograman modern. Semuanya berkat jasa seorang Dennis Ritchie.
Dennis bekerja sama dengan Ken Thompson, ilmuwan yang dinilai sebagai pencipta program Unix original. Salah satu kontribusi terbesar Dennis untuk Unix adalah melakukan porting ke mesin dan platform yang berbeda.


Alan Cooper
 6 Programmer Terhebat di Dunia - www.SurgaBerita.com 

Alan Cooper dikenal dalam perannya melakukan 'humanisasi' pengembangan software dan Visual Basic for Microsoft. Dia mendapat peran sebagai Bapak Visual basic.

Pada tahun 1988, Alan menciptakan bahasa pemrograman visual dengan kode nama Ruby. Setelah mendemonstrasikan Ruby pada Bill Gates, Microsoft sangat tertarik dan memutuskan untuk membelinya.
Gates menyatakan inovasi yang diciptakan Alan akan mempengaruhi semua lini produk Microsoft. Microsoft memutuskan mentransformasinya menjadi professional development tool dari bahasa pemrograman QuickBASIC yang disebut Visual Basic.
Buku pertama yang menulis tentang Visual Basic berjudul The Waite Group's Visual Basic How-To yang ditulis oleh Mitchell Waite, didekasikan khusus untuk Alan Cooper. Di sini, dia disebut sebagai Father of Visual Basic.


Alan Turing
6 Programmer Terhebat di Dunia - www.SurgaBerita.com 

Alan Turing, pria asal Inggris ini dipandang sangat berpengaruh dalam pengembangan ilmu komputer. Dia melakukan formalisasi konsep algoritma dan komputasi dengan perangkat bernama Turing Machine.

Turing dikenal luas sebagai bapak ilmu komputer dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Dia memang adalah orang pertama yang berpikir komputer akan bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan mampu menjalankan berbagai program. 
Lleaki berotak jenius ini sudah memprediksi komputer modern di tahun 1936. Dia mengembangkan ide bernama universal machine yang menjadi basis komputer modern.
Setelah perang dunia kedua, dia menciptakan perangkat pertama yang bisa menyimpan program dengan nama Automatic Computing Machine. Berkat kontribusi besarnya di dunia komputer, Turing dianggap sebagai salah satu inovator Inggris terbaik sepanjang zaman.


Sumber : surgaberita
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.