Publisher: Sony Computer Entertainment
Developer: PolyPhony Digital
Genre: Racing
Release: 24 November 2010


GT5 merupakan game kelima dari seri Gran Turismo dan sudah rilis 24 November 2010 lalu setelah dikembangkan selama hampir 6 tahun dan game balapan ini hanya untuk konsol PS3. Belajar dari seri keempat GT, sang developer PolyPhony Digital banyak melakukan perbaikan dari apa yang kurang dari GT sebelumnya.




Pada seri kelima GT kali ini, sang developer menghadirkan sekitar 1.000 mobil di GT 5, jauh lebih banyak bila dibandingkan GT4 yang jumlah mobilnya hanya 700. Pada GT 5, untuk pertama kalinya di seri Gran Turismo hadir pabrikan mobil Ferarri, Buggati, Lamborghini, Maserati. Penulis secara pribadi sangat senang dengan hadirnya pabrikan mobil tersebut karena sebelumnya pabrikan-pabrikan mobil Ferarri dkk tidak ada di GT sebelumnya. GT 5 juga menghadirkan mobil-mobil dari kejuaraan NASCAR, WRC, dan Super GT Japan.

Mobil-mobil dalam GT5 dibagi menjadi 2 kelas, Premium (200 mobil) dan Standard (800 mobil). Apa bedanya Premium dengan Standard? Ok, mobil Premium memiliki detil yang sangat tinggi, bisa di bilang tingkat kedetilan mobil-mobil premium hampir menyamai mobil yang ada didunia nyata. Mobil premium juga menghadirkan gameplay tampilan kokpit dan fitur damage. Lalu, mobil Standard adalah mobil-mobil dari GT seri sebelumnya yang sudah dipoles agar kualitas modelnya sesuai dengan standar PS3 tapi mobil-mobil standar tidak memiliki kokpit dan damage yang terbatas (Cuma bisa penyok) meski begitu tampilan luar mobil Standard terlihat cukup baik, tapi tidak semua mobil-mobil standar terlihat ok karena penulis menemukan beberapa mobil standard texturenya cukup low-res. Semua mobil, Premium dan Standard dapat kotor terkena debu pasir dan goresan tapi sayangnya efek debu pada beberapa mobil standard terlihat kurang baik.


Mengenai trek, trek yang dihadirkan di GT kali ini tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan trek yang ada di GT 4. GT 5 menghadirkan kembali beberapa trek klasik yang sudah ada sejak GT pertama seperti High Speed Ring, Trial Mountain, Grand Valley, Autumn Ring, Spesial Stage Route 5, dan Clubman Stage Route 5 yang semua treknya sudah dibuat ulang dengan kualitas tampilan yang cukup baik. GT 5 juga menghadirkan trek yang dibuat berdasarkan trek asli di dunia nyata dan lokasi asli seperti Nurburgring, Fuji Speedway, Suzuka Circuit, Daytona, Monza, Toscana, Eiger Nordwand.

Pada beberapa trek juga tersedia fitur perubahan waktu dan cuaca, dan efek pergantian waktu, cuaca hujan, turun salju terlihat cukup baik meski pada beberapa saat tertentu frame rate sedikit menurun.

Selain balapan di trek yang sudah disediakan di GT5, gamer juga bisa menciptakan trek sendiri dengan Course Maker, fitur pembuat ini terlihat cukup sederhana tidak sekomplek fitur pengolah trek di game ModNation Racer dan TrackMania. Gamer cukup memilih setting trek yang diinginkan lalu mengolah jalan sesuai parameter yang gamer atur dan jadilah 1 trek. Memang pengolah trek di GT5 sederhana tapi trek yang dihasilkan cukup baik dan tidak ada texture cacat yang penulis temukan di trek bikinan yang penulis buat.


Selama balapan, penulis merasakan peningkatan pada A.I. lawan mobil di GT5, karena pada GT sebelumnya A.I. lawan cukup bodoh karena mereka Cuma berjalan sesuai arah yang sudah ditentukan, tapi pada GT 5 A.I. lawan cukup pintar dan tiap mobil lawan memiliki karakteristik yang berbeda, ada yang mengemudi dengan biasa saja dan ada yang agresif.

Berbicara tentang mode career, GT 5 menghadirkan kembali GT Mode, sekarang dinamai GT LIFE. Di GT LIFE, gamer akan berkarir sebagai pembalap melalui mode A-Spec dan manager tim balap melalui B-Spec dengan membeli mobil, mengupgrade dan tuning, menyelesaikan event-event yang ada untuk mengumpulkan uang agar bisa membeli mobil dan upgrade yang lebih baik. Dalam mode career GT LIFE juga disediakan SPESIAL EVENT dan LICENSE TEST. Dalam SPESIAL EVENT, gamer akan berpartisipasi dalam event khusus seperti balapan Go-Kart, tantangan rally dari pembalap rally Sebastian Loeb, dan lain-lain. Di LICENSE TEST, gamer bisa belajar teknik mengemudi, berbeda dengan GT sebelumnya dimana pada GT terdahulu license wajib diselesaikan agar bisa mengakses semua event, tapi pada GT 5 kali ini hal itu sudah tidak wajib lagi karena sistem progress di GT 5 sekarang adalah dengan sistem Level seperti yang ada di game RPG, gamer bisa naik level dengan mengumpulkan EXP yang didapat tiap kali menyelesaikan event balapan. Dengan semakin tingginya Level gamer, semakin banyak event yang bisa diakses dan mobil-mobil yang bisa dibeli.


Kekurangan utama mode GT LIFE di GT 5 ini adalah kurangnya jumlah event yang tersedia, untungnya gamer dapat memainkan event-event single-player yang disediakan secara online, Seasonal Event, tentu saja butuh koneksi internet untuk mengakses event-event yang ada di Seasonal Event. Hadiah uang yang ditawarkan di Seasonal Event cukup tinggi.

Mengenai mode multiplayer di GT 5, sekarang GT 5 sudah mempunyai fitur online, dalam satu sesi permainan maksimal 16 pemain bisa ikut berpartisipasi dalam balapan dan 16 pemain lainnya bisa ikut menonton balapan online secara langsung. Jika gamer membuat sebuah lobby permainan, gamer bisa mengatur mobil yang boleh ikut balapan jadi tidak ada masalah pertandingan tidak adil. Selama penulis memainkan mode online di GT 5 ini, penulis tidak merasakan lag yang parah dalam permainan dengan menggunakan koneksi Speedy 1 Mbps. Jika ingin bermain multiplayer secara offline, gamer juga bisa bermain bersama teman maksimal 2 player dengan 2P Battle di Arcade Mode.


Bagi yang memiliki jiwa photografer, GT 5 menyediakan fitur Photo Mode, sebelumnya fitur ini sudah muncul di GT4 tapi masih sederhana. Pada GT 5 terdapat 2 jenis photo mode, Photo Mode Replay dan Photo Travel. Pada Photo Mode Replay, gamer melakukan pemotretan pada balapan sedangkan pada Photo Travel, gamer membawa mobil ke lokasi tertentu. Pada saat ingin memotret, gamer bisa mengatur kamera dengan mengatur parameter untuk menghasilkan photo yang gamer inginkan. Cukup jauh berbeda dengan photo di GT4, karena pada GT4 gamer Cuma bisa mengatur arah kamera dan memotret.


Dalam urusan suara, soundtrack yang disediakan cukup bagus selama balapan dan musik-musik menunya cukup enak didengar. Suara mobil di GT 5 mengalami peningkatan dari seri sebelumnya, suara mobil di GT 5 kini terdengar lebih baik tapi mobil-mobil muscle Amerika di game ini terdengar kurang gahar. Kekurangan lain dalam hal suara di GT 5 adalah efek suara tabrakan mobil hampir tidak kedengaran.

Gameplay: 8,9
Graphic: 8,2
Sound: 8,8
Total: 8,6

Meskipun terdapat beberapa kekurangan di GT 5 seperti beberapa mobil standard kualitasnya rendah, pilihan trek lebih sedikit daripada GT4, frame rate kadang kurang stabil di beberapa bagian permainan, kurangnya event GT LIFE, beberapa efek suara permainan kurang baik, Gran Turismo 5 memiliki banyak peningkatan daripada seri sebelumnya seperti fitur online, perubahan waktu dan cuaca, kualitas model mobil-mobil Premium yang sangat detail, hadirnya pabrikan mobil Ferrari, dan banyak lagi hal-hal baru yang terdapat di Gran Turismo 5.

Gran Turismo 5 merupakan game balap yang wajib dikoleksi bagi para pecinta mobil dan balapan.


Sumber Gambar: us.gran-turismo.com
==============================

BONUS SCREENSHOT
Spoiler :