Artikel Terbaru :

Fuleco, Maskot FIFA Piala Dunia Brasil 2014

Jumat, 04 Januari 2013

Inilah Fuleco, Maskot Piala Dunia Brasil 2014
Resmi sudah apa nama yang dipilih FIFA untuk maskot Piala Dunia 2014. Nama tersebut adalah Fuleco, yang merupakan akronim dari kata 'futebol' (sepakbola dalam bahasa Brasil) dan 'ecologia' (ekologi).

Sebelumnya ada dua nama, yakni "Zuzeco" dan "Amijubi", yang juga menjadi kandidat nama maskot tersebut. Setelah dilakukan polling online yang melibatkan sekitar 1,7 juta orang, nyaris lebih dari separuhnya (48%) memilih nama "Fuleco". Sementara "Zuzeco" (31%) dan "Amijubi" (17%).

Nama "Fuleco" dinilai sejalan dengan tema besar FIFA dalam Piala Dunia 2014 tentang kesadaran akan lingkungan. Dalam sebuah jaring pendapat, FIFA menyebutkan, 90% persen masyarakat Brasil juga setuju dengan pemilihan tema tersebut dan karakter "Fuleco" pun juga dinilai sangat cocok dengan tema lingkungan.

"Fuleco" sendiri sejatinya adalah seekor armadillo (Tolypeutes tricinctus) atau sejenis trenggiling yang sudah terhitung langka dan hidup di wilayah benua Amerika. Di Brasil, Armadillo hidup di daerah kering bagian timur laut dan terancam punah karena habitatnya rusak.

Tradisi maskot dalam Piala Dunia dimulai sejak Piala Dunia 1966 di Inggris. Kala itu Inggris memilih maskot yang merupakan seekor singa dengan nama "World Cup Willie". Hingga kemudian di Piala Dunia 2010 teranyar di Afrika Selatan lalu, ada nama "Zakumi" yang merupakan seekor leopard (macan tutul) dengan rambut nyentrik berwarna hijau.

Kini giliran "Fuleco" yang hadir sebagai maskot dalam turnamen sepakbola sejagat empat tahunan tersebut.


Sumber : http://www.surgaberita.com
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.