Artikel Terbaru :

Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW

Kamis, 21 Februari 2013



Hidup sehat adalah salah satu yang di inginkan banyak orang. Pepatah bilang bahwa 'kesehatan itu mahal'. Nikmat sehat adalah nikmat yang harus disyukuri. Ada banyak sekali orang di luar sana yang memiliki kesehatan yang kurang baik padahal hartanya sungguh sangat melimpah. Mereka hanya menghambur-hamburkan uang hanya untuk memelihara kesehatan agar selalu fit dan bugar serta terhindar dari penyakit.

Rasulullah adalah seorang teladan yang patut kita contoh, bukan hanya dari bagaimana ia mengelola perasaan ataupun menjadi pemimpin yang berhasil tetapi juga tentang pola hidup yang sehat. Beberapa cara yang dilakukan Rasulullah terbukti secara ilmiah merupakan cara hidup sehat yang kini sedang di agung-agungkan masyarakat modern zaman sekarang.

 


Berikut adalah beberapa Tips Hidup Sehat ala Rasulullah yang juga terbukti secara ilmiah dan penelitian.

1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.
Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terahir ini sungguh bisa dijadikan teladan bagi umat zaman sekarang. Salah satunya adalah Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan. Hal itu terbukti menyehatkan secara ilmiah.

2. Rasulullah Duduk ketika hendak minum
Ketika merasa haus Rasulullah biasa meminum air dengan duduk terlebih dahulu. Cara ini juga terbukti menyehatkan secara ilmiah diamana ketika kita meminum air dengan posisi masih berdiri akan ada katup yang belum siap menerima tekanan air dan ketika duduk katup itu terbuka dan siap menerima air.

3. Rasulullah makan dengan tangan kanan
Makan dengan tangan kanan bukan hanya sekedar tradisi tetapi juga menurut sebuah penelitian ini juga salah satu gaya hidup yang sehat. Ketika makan menggunakan tangan kanan maka yang aktif adalah otak kiri dimana sifat otak kiri ini selalu teratur, dan berpikir. Sedangkan ketika makan menggunakan tangan kiri maka yang aktif adalah otak kanan yang memiliki sifat imajinasi dan acak. Jadi makan dengan tangan kiri dianggap kurang cocok menurut sebuah penelitian.

4. Rasulullah SAW cepat tidur dan cepat bangun.
Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan cepat tidur. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, kurang lebih pukul 21.30. Kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam. Dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari delapan jam. Dalam konteks ini, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam, adalah sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah, dan sepertiga lagi adalah untuk tidur yang cukup. Tentu saja, perbandingan ini tidaklah kaku, melainkan dalam pengertian dalam keseimbangan.

5. Rasulullah sering berpuasa
Menurut sebuah penelitian berpuasa adalah sebuah metode ampuh untuk menahan diri. Ini merupakan sebuah cara sehat yang belum diketahui orang-orang zaman sekarang. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa baca buku ESQ karya Ari Ginanjar. Disana ada pembahasan yang detail tentang manfaat puasa yang dikaitkan dengan penelitian zaman sekarang.

Selain lima poin di atas masih terdapat banyak sekali gaya hidup sehat yang dilakukan oleh salah satu teladan kita Nabi Muhammad SAW.  Dalam buku bertajuk Jejak- Sejarah Kedokteran Islam, oleh Dr. Ja’far Kadhem Yamani, telah mengungkapkan lebih dari 25 pola hidup sehat Rasulullah SAW, yang sebagian besar adalah bersifat pencegahan (preventif). Mencegah memang lebih baik dari mengobati. 

carabadansehat.blogspot.com | carboonj.com
Share this Article on :

1 komentar:

Home bagus mengatakan...

Subhanallah, patut ditiru sob Tips Sehat Rasullullah S.A.W

Oya jangan lupa follback ya sobat.. ane udh follow

Posting Komentar

See RIZK Project Channel on Youtube!

 

© Copyright ATOM Studios2012 | Dipakai Oleh Muhammad Rizki Utama | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.